Minggu, 12 Mei 2019

Prak 12 - Membuat Kartu Ucapan [Progess 1]


1. Tujuan
Mahasiswa mampu membuat kartu ucapan dengan menggunakan aset 3D.
2. Alat
1.     After Effects
2.     Cinema 4D
3. Bahan
Contoh minimal (adobe stock: https://stock.adobe.com)
  • https://t4.ftcdn.net/jpg/02/04/30/61/500_F_204306141_jRif5b6OWUGU2Qi1MO9zdikbsWEgnjnN.jpg
  • https://cmkt-image-prd.global.ssl.fastly.net/0.1.0/ps/520684/1160/773/m1/fpnw/wm1/!preview-for-cm-08-.jpg?1434036211&s=739544a406155566ca5495deb984e8a77
  • https://cdn4.vectorstock.com/i/1000x1000/25/33/eid-mubarak-holiday-greeting-card-template-design-vector-15362533.jpg
  • https://image.shutterstock.com/image-vector/eid-mubarak-calligraphy-lanterns-floral-260nw-1086596390.jpg
4. Dasar Teori
Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat frame yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan output-nya berupa video yang sudah di-rendering atau Realtime, jika tujuannya untuk membuat game. Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari 24 frame per detik. 

     Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.

     Seperti yang sudah disebutkan di atas, objek 3D mempunyai bentuk, volume, dan ruang. Sehingga objek ini memiliki koordinat X, Y, dan Z. Jika pada animasi 2D, objek hanya dapat digerakkan ke dua arah, yaitu ke kanan – kiri (X) dan atas – bawah (Y), maka berbeda dengan animasi 3D. Pada animasi 3D, objek dapat digerakkan ketiga arah, yaitu ke kanan – kiri (X), atas – bawah (Y) dan depan – belakang (Z).

     Pada umumnya objek 3D memiliki sub objek berupa elemen-elemen pembentuk objek tersebut, yang berupa Vertex, Edge, dan Face. Vertex merupakan titik yang terletak pada koordinat X, Y, Z. Penggabungan dua Vertexakan menjadi Edge. Tiga Vertex dan Edge yang terbentuk dalam bidang permukaan berupa kurva tutup akan menghasilkan Face. Kumpulan dari Vertex, Edge, dan Face akan menjadi sebuah objek utuh yang disebut dengan Mesh.
5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi kartu ucapan dengan menggunakan aset 3D
6. Petunjuk Praktikum
1.     Pilih kartu ucapan referensi
2.     Buat sketch kartu ucapan
3.     Buat list 3D model yang diperlukan
4.     Produksi
7. Hasil Praktikum
       Pada praktikum ini kami memulai dengan mencari referensi dan menggambar atau sketching. Konsepnya adalah membuat kartu ucapan hari raya idul fitri dengan aset yang dipilih adalah ketupat, masjid dan teks. Aset yang di3Dkan adalah ketupat dan masjid.
8. Kesimpulan    



9. Referensi









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Interview Simulation : 20 Most Commonly Asked Interview Questions

Hi Guys, welcome to my bloh, Maybe, not all have known about me. So before starting, let me to introduce my self. My name is Indah Permatani...