1. Tujuan
Menerapkan
pengalaman praktikum sebelumnya pada masyarakat sekitar. Studi kasus
komunitas-komunitas di MMB.
2. Alat
Maxon
Cinema 4D
Adobe
After Effects
3. Bahan
Logo
komunitas di MMB "SEMUT"
4. Dasar
Teori
Animasi
merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga
penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan.
Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh
mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan
posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna
pun dapat dikatakan sebuah animasi. Perkembangan teknologi dan komputer membuat
teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D
adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang
diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Animasi
3 dimensi secara keseluruhan dikerjakan menggunakan bantuan komputer. Melalui
menu gerakan dalam program komputer, keseluruhan objek bisa diperlihatkan
secara 3 dimensi. Permodelan 3D dikelompokan menjadi dua jenis yaitu
Hardsurface dan Organic. Objek Hardsurface adalah segala sesuatu buatan
manusia, misalnya meja, gedung, mesin, robot dan lain-lain. sedangkan objek
Organic adalah sesuatu yang secara alami tersedia didalam, misalnya : manusia,
hewan , pegunungan, awan bahkan juga cahaya. Software animasi 3 dimensi terdiri
dari, Blender, Maya 3D, Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, SoftImage,
Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D,
Canoma, dll. Meskipun fitur atau menu didalamnya tersebut cukup kompleks dan
rumit, animasi 3D membutuhkan proses yang relative sederhana dibandingkan 2D,
karena semua proses bisa langsung dikerjakan dalam satu perangkat lunak
komputer.
Tak lama lagi, teknologi pencitraan 3 Dimensi, yang memerlukan
kamera 3D untuk menangkap dimensi 3D dari benda-benda disekitar kita, akan
menjadi komponen inti dari laptop, tablet ataupun smartphone. Kita melihat
bagaimana teknologi ini mulai berdampak positif pada konsumen, terutama dengan
adanya Amazon Fire Phone, Google Tango, Microsoft Kinect dan Oculus Rift yang
cukup populer belakangan ini. Manfaatnya untuk dunia bisnis ternyata tidak
seperti yang terjadi di kalangan konsumen. Teknologi pencitraan 3D akan
memiliki dampak yang signifikan terhadap perusahaan-perusahaan di masa
mendatang. Sekarang kita sudah melihat banyaknya perusahaan yang tercatat
sebagai Fortune 500 dan beberapa perusahaan kecil menguji aplikasi berbasis 3D
dan hasilnya memberikan pengalaman menarik. Banyak hardware dan software
teknologi 3D. Contohnya, tampilan antarmuka nirsentuh, teknologi pengenalan
wajah, pemindaian 3D, dll. Semuanya dapat diterjemahkan langsung ke aplikasi
yang dirancang khusus untuk keperluan perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi pencitraan 3D, pertemuan virtual dan
presentasi akan memiliki pengalaman yang jauh lebih menarik dan mendalam,
imersif. Aplikasi yang menggunakan teknologi pembaca-kedalaman dapat
“mengambil” individu dari lingkungan mereka, kemudian memindahkan mereka ke
pertemuan virtual dengan rekan-rekan mereka, atau bahkan ditempatkan di ruang virtual
dengan obyek-dokumen data, presentasi atau apa saja yang bisa kita manipulasi
dan tampilkan. Hal ini pada dasarnya sama dengan yang kita lakukan dengan efek
digital layar hijau, hanya saja tanpa menggunakan layar hijau. Pertemuan
imersif ini akan memfasilitasi berbagai jenis bisnis untuk dapat berinteraksi
langsung dengan pelanggan atau kolega mereka, termasuk untuk menyajikan data,
gambar dan video yang biasanya hanya terjadi saat bertatap-muka. Pengalaman
semacam ini akan jadi kemampuan inti untuk semua layanan kolaborasi online.
5. Tugas
Praktikum
Membuat
animasi logo untuk komunitas di MMB.
6. Petunjuk
Praktikum
- Gunakan
pengalaman-pengalaman praktikum sebelumnya untuk mengerjakan praktikum ini.
- Kerjakan
secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
- Masing-masing
kelompok menentukan ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama dengan anggota.
Ketua juga memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah, membagi tugas, dan
merekap progress.
- Waktu
pengerjaan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada minggu ke 6 dan ke 7.
- Laporan
praktikum dikumpulkan di setiap akhir sesi praktikum. Berarti terdapat laporan
prak 06 dan laporan prak 07.
- Laporan
praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi
praktikum.
- Laporan
praktikum dikerjakan secara individu. Berisi progress atau hasil kerja dari
masing-masing anggota tim.
7. Hasil
Praktikum
*
screen record preview di aplikasi
*
screen record hasil render
*
screen shot 3D model
*
screen shot sketch
8. Kesimpulan
9. Referensi
https://harmonipermata.com/animasi-3d/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar