1. Tujuan
Mahasiswa
mampu membuat kartu ucapan dengan menggunakan aset 3D.
2. Alat
1. After Effects
2. Cinema 4D
3. Bahan
Contoh
minimal (adobe stock: https://stock.adobe.com)
- https://t4.ftcdn.net/jpg/02/04/30/61/500_F_204306141_jRif5b6OWUGU2Qi1MO9zdikbsWEgnjnN.jpg
- https://cmkt-image-prd.global.ssl.fastly.net/0.1.0/ps/520684/1160/773/m1/fpnw/wm1/!preview-for-cm-08-.jpg?1434036211&s=739544a406155566ca5495deb984e8a77
- https://cdn4.vectorstock.com/i/1000x1000/25/33/eid-mubarak-holiday-greeting-card-template-design-vector-15362533.jpg
- https://image.shutterstock.com/image-vector/eid-mubarak-calligraphy-lanterns-floral-260nw-1086596390.jpg
4. Dasar Teori
Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang
digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat frame yang
mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual,
dan output-nya berupa video yang sudah
di-rendering atau Realtime, jika tujuannya untuk membuat game.
Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari
24 frame per detik.
Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model
yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung
dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga
digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.
Seperti yang sudah disebutkan di atas, objek
3D mempunyai bentuk, volume, dan ruang. Sehingga objek ini memiliki koordinat
X, Y, dan Z. Jika pada animasi 2D, objek hanya dapat digerakkan ke dua arah,
yaitu ke kanan – kiri (X) dan atas – bawah (Y), maka berbeda dengan animasi 3D.
Pada animasi 3D, objek dapat digerakkan ketiga arah, yaitu ke kanan – kiri (X),
atas – bawah (Y) dan depan – belakang (Z).
Pada umumnya
objek 3D memiliki sub objek berupa elemen-elemen pembentuk objek tersebut, yang
berupa Vertex, Edge, dan Face. Vertex merupakan titik
yang terletak pada koordinat X, Y, Z. Penggabungan dua Vertexakan
menjadi Edge. Tiga Vertex dan Edge yang terbentuk
dalam bidang permukaan berupa kurva tutup akan menghasilkan Face. Kumpulan
dari Vertex, Edge, dan Face akan menjadi sebuah objek utuh
yang disebut dengan Mesh.
5. Tugas Praktikum
Buatlah
animasi kartu ucapan dengan menggunakan aset 3D
6. Petunjuk
Praktikum
1. Pilih kartu ucapan referensi
2. Buat sketch kartu ucapan
3. Buat list 3D model yang diperlukan
4. Produksi
7. Hasil Praktikum
Pada praktikum ini kami memulai dengan mencari referensi
dan menggambar atau sketching. Konsepnya adalah membuat kartu ucapan hari raya
idul fitri dengan aset yang dipilih adalah ketupat, masjid dan teks. Aset yang
di3Dkan adalah ketupat dan masjid.
8. Kesimpulan
pada tahap ini, kami masih meneruskan pembuatan kartu ucapan.
9. Referensi
- Memahami Lebih Dalam Pengertian
Animasi 3D oleh International
Design School. Diakses melalui laman https://idseducation.com/articles/memahami-lebih-dalam-pengertian-animasi-3d/ pada
18 Februari 2019 pukul 12.15 WIB.
- Hendratman, Hendri. 2013. The
Magic Of Adobe After Effects CS3: Animation 2D 3 Dimension Text Effects.
Diakses melalui laman https://books.google.co.id/ pada
18 Februari 2019 pukul 12.32 WIB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar