1. Tujuan
Mahasiswa mampu membuat animasi 3D dari sebuah logo
berdasarkan deskripsi komunitas dan video referensi.
2. Alat
- Browser
- Maxon Cinema 4D
- Adobe After Effect
3. Bahan
- Video- Cinema 4D Tutorial - 3D Logo Animation Using PolyFx and Illustrator
4. Dasar Teori
Animasi merupakan suatu
teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan
adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi
gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton
sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai
makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat
dikatakan sebuah animasi. Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik
pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah
pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan
semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Animasi 3 dimensi
secara keseluruhan dikerjakan menggunakan bantuan komputer. Melalui menu
gerakan dalam program komputer, keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 3
dimensi. Permodelan 3D dikelompokan menjadi dua jenis yaitu Hardsurface dan
Organic. Objek Hardsurface adalah segala sesuatu buatan manusia, misalnya meja,
gedung, mesin, robot dan lain-lain. sedangkan objek Organic adalah sesuatu yang
secara alami tersedia didalam, misalnya : manusia, hewan , pegunungan, awan
bahkan juga cahaya. Software animasi 3 dimensi terdiri dari, Blender, Maya 3D,
Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, SoftImage, Poser, Motion Builder, Hash
Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D, Canoma, dll. Meskipun fitur atau
menu didalamnya tersebut cukup kompleks dan rumit, animasi 3D membutuhkan
proses yang relative sederhana dibandingkan 2D, karena semua proses bisa
langsung dikerjakan dalam satu perangkat lunak komputer.
Tak lama lagi,
teknologi pencitraan 3 Dimensi, yang memerlukan kamera 3D untuk menangkap
dimensi 3D dari benda-benda disekitar kita, akan menjadi komponen inti dari
laptop, tablet ataupun smartphone. Kita melihat bagaimana teknologi ini mulai
berdampak positif pada konsumen, terutama dengan adanya Amazon Fire Phone, Google
Tango, Microsoft Kinect dan Oculus Rift yang cukup populer belakangan ini.
Manfaatnya untuk dunia bisnis ternyata tidak seperti yang terjadi di kalangan
konsumen. Teknologi pencitraan 3D akan memiliki dampak yang signifikan terhadap
perusahaan-perusahaan di masa mendatang. Sekarang kita sudah melihat banyaknya
perusahaan yang tercatat sebagai Fortune 500 dan beberapa perusahaan kecil
menguji aplikasi berbasis 3D dan hasilnya memberikan pengalaman menarik. Banyak
hardware dan software teknologi 3D. Contohnya, tampilan antarmuka nirsentuh,
teknologi pengenalan wajah, pemindaian 3D, dll. Semuanya dapat diterjemahkan
langsung ke aplikasi yang dirancang khusus untuk keperluan perusahaan.
Dengan menggunakan
teknologi pencitraan 3D, pertemuan virtual dan presentasi akan memiliki
pengalaman yang jauh lebih menarik dan mendalam, imersif. Aplikasi yang
menggunakan teknologi pembaca-kedalaman dapat “mengambil” individu dari
lingkungan mereka, kemudian memindahkan mereka ke pertemuan virtual dengan
rekan-rekan mereka, atau bahkan ditempatkan di ruang virtual dengan
obyek-dokumen data, presentasi atau apa saja yang bisa kita manipulasi dan
tampilkan. Hal ini pada dasarnya sama dengan yang kita lakukan dengan efek
digital layar hijau, hanya saja tanpa menggunakan layar hijau. Pertemuan
imersif ini akan memfasilitasi berbagai jenis bisnis untuk dapat berinteraksi
langsung dengan pelanggan atau kolega mereka, termasuk untuk menyajikan data,
gambar dan video yang biasanya hanya terjadi saat bertatap-muka. Pengalaman semacam
ini akan jadi kemampuan inti untuk semua layanan kolaborasi online.
5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi logo untuk komunitas di MMB
berdasarkan video referensi yang diperoleh dari praktikum
sebelumnya.
6. Petunjuk Praktikum
- Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas
dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
- Laporan praktikum berisi laporan
tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
- Laporan praktikum dikerjakan secara
individu. Berisi hasil diskusi dan review oleh seluruh anggota tim baik
terhadap video yang menjadi pilihan maupun yang tidak dipilih.
7. Hasil Praktikum
{tuliskan hasil praktikum berupa salah satu atau lebih dari bentuk-bentuk berikut:
– screen record preview di aplikasi
– screen record hasil render
– screen shot 3D model
– screen shot sketch
– list atau daftar object
{tuliskan hasil praktikum berupa salah satu atau lebih dari bentuk-bentuk berikut:
– screen record preview di aplikasi
– screen record hasil render
– screen shot 3D model
– screen shot sketch
– list atau daftar object
8. Kesimpulan
9. Referensi
·
Memahami Lebih Dalam Pengertian Animasi 3D oleh International
Design School. Diakses melalui laman https://idseducation.com/articles/memahami-lebih-dalam-pengertian-animasi-3d/ pada
18 Februari 2019 pukul 12.15 WIB.
·
Hendratman, Hendri. 2013. The Magic Of Adobe
After Effects CS3: Animation 2D 3 Dimension Text Effects. Diakses melalui
laman https://books.google.co.id/ pada
18 Februari 2019 pukul 12.32 WIB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar