Minggu, 07 April 2019

PRAK 08 - VIDEO REFERENSI

PRAK 08-VIDEO REFERENSI

1. Tujuan
Mahasiswa mampu mengumpulkan beberapa video animasi untuk digunakan sebagai referensi visual.

2. Alat

  1. Browser
  2. Maxon Cinema 4D
  3. Adobe After Effect

3. Bahan

  1. Video

4. Dasar Teori


Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat frame yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan output-nya berupa video yang sudah di-renderingatau Realtime, jika tujuannya untuk membuat game. Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari 24 frame per detik.

         Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.

          After Effect biasa digunakan untuk broadcast Televisi dan Perfilman untuk mendukungnya diperlukan software lain image editing dan animasi 3D. Meski sudah ada kemampuan 3D di After Effect namun lebih maksimal menggabungkan animasi 3D dari 3D Studio Max, Maya, Blender, Cinema 4D, dll. After Effect merupakan aplikasi grafis dengan format bitmap, tidak berpa format vector seperti Flash. Dengan format bitmap maka perlakuan kita pada file sumber harus disesuaikn, karena jika file bitmap diperbesar ukurannya maka akan terlihat kasar dan pecah.

5. Tugas Praktikum

Kumpulkan beberapa video referensi animasi logo yang dirasa tepat untuk komunitas di MMB. Dengan beberapa kriteria berikut:
  1. Jumlahnya minimal 3
  2. Dibuat oleh artis di bidangnya, makin profesional makin baik

6. Petunjuk Praktikum

  1. Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
  2. Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
  3. Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi hasil diskusi dan review oleh seluruh anggota tim baik terhadap video yang menjadi pilihan maupun yang tidak dipilih.

7. Hasil Praktikum

- Cinema 4D Tutorial - 3D Logo Animation Using PolyFx and Illustrator
Cinema 4D Tutorial - Create a Bouncy Logo Animation Using the Jiggle Deformer
Creating a 3D Illustrative Animated Cursive Logo in Cinema 4D Lite

8. Kesimpulan

Dengan mencari video referensi ini kami bisa mengerjakan pembuatan video dengan mudah. Selain itu kami memiliki gambaran awal yang akan ditambahkan dengan ide-ide yang sesuai.

9. Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Interview Simulation : 20 Most Commonly Asked Interview Questions

Hi Guys, welcome to my bloh, Maybe, not all have known about me. So before starting, let me to introduce my self. My name is Indah Permatani...