Senin, 01 April 2019

Prak 07 - Membuat Animasi Logo Komunitas *final

1. Tujuan
Menerapkan pengalaman praktikum sebelumnya pada masyarakat sekitar. Studi kasus komunitas-komunitas di MMB.

2. Alat
Maxon Cinema 4D
Adobe After Effects

3. Bahan
 Logo komunitas di MMB "SEMUT"


4. Dasar Teori

Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi. Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Animasi 3 dimensi secara keseluruhan dikerjakan menggunakan bantuan komputer. Melalui menu gerakan dalam program komputer, keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi. Permodelan 3D dikelompokan menjadi dua jenis yaitu Hardsurface dan Organic. Objek Hardsurface adalah segala sesuatu buatan manusia, misalnya meja, gedung, mesin, robot dan lain-lain. sedangkan objek Organic adalah sesuatu yang secara alami tersedia didalam, misalnya : manusia, hewan , pegunungan, awan bahkan juga cahaya. Software animasi 3 dimensi terdiri dari, Blender, Maya 3D, Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, SoftImage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D, Canoma, dll. Meskipun fitur atau menu didalamnya tersebut cukup kompleks dan rumit, animasi 3D membutuhkan proses yang relative sederhana dibandingkan 2D, karena semua proses bisa langsung dikerjakan dalam satu perangkat lunak komputer.
Tak lama lagi, teknologi pencitraan 3 Dimensi, yang memerlukan kamera 3D untuk menangkap dimensi 3D dari benda-benda disekitar kita, akan menjadi komponen inti dari laptop, tablet ataupun smartphone. Kita melihat bagaimana teknologi ini mulai berdampak positif pada konsumen, terutama dengan adanya Amazon Fire Phone, Google Tango, Microsoft Kinect dan Oculus Rift yang cukup populer belakangan ini. Manfaatnya untuk dunia bisnis ternyata tidak seperti yang terjadi di kalangan konsumen. Teknologi pencitraan 3D akan memiliki dampak yang signifikan terhadap perusahaan-perusahaan di masa mendatang. Sekarang kita sudah melihat banyaknya perusahaan yang tercatat sebagai Fortune 500 dan beberapa perusahaan kecil menguji aplikasi berbasis 3D dan hasilnya memberikan pengalaman menarik. Banyak hardware dan software teknologi 3D. Contohnya, tampilan antarmuka nirsentuh, teknologi pengenalan wajah, pemindaian 3D, dll. Semuanya dapat diterjemahkan langsung ke aplikasi yang dirancang khusus untuk keperluan perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi pencitraan 3D, pertemuan virtual dan presentasi akan memiliki pengalaman yang jauh lebih menarik dan mendalam, imersif. Aplikasi yang menggunakan teknologi pembaca-kedalaman dapat “mengambil” individu dari lingkungan mereka, kemudian memindahkan mereka ke pertemuan virtual dengan rekan-rekan mereka, atau bahkan ditempatkan di ruang virtual dengan obyek-dokumen data, presentasi atau apa saja yang bisa kita manipulasi dan tampilkan. Hal ini pada dasarnya sama dengan yang kita lakukan dengan efek digital layar hijau, hanya saja tanpa menggunakan layar hijau. Pertemuan imersif ini akan memfasilitasi berbagai jenis bisnis untuk dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan atau kolega mereka, termasuk untuk menyajikan data, gambar dan video yang biasanya hanya terjadi saat bertatap-muka. Pengalaman semacam ini akan jadi kemampuan inti untuk semua layanan kolaborasi online.

5. Tugas Praktikum
Membuat  animasi logo untuk komunitas di MMB.
Kami mendapatkan logo komunitas SEMUT.



6. Petunjuk Praktikum

1.     Gunakan pengalaman-pengalaman praktikum sebelumnya untuk mengerjakan praktikum ini.
2.     Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
3.     Masing-masing kelompok menentukan ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama dengan anggota. Ketua juga memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah, membagi tugas, dan merekap progress.
4.     Waktu pengerjaan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada minggu ke 6 dan ke 7.
5.     Laporan praktikum dikumpulkan di setiap akhir sesi praktikum. Berarti terdapat laporan prak 06 dan laporan prak 07.
6.     Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
7.     Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi progress atau hasil kerja dari masing-masing anggota tim.


7. Hasil Praktikum

* Progress minggu lalu



* screen record hasil render




* screen shot 3D model









* screen shot sketch





8. Kesimpulan
 Pada praktikum ini, saya dan kelompok saya membuat 3D animation logo dari logo komunitas SEMUT. Kesulitan yang kami hadapi adalah, kami tidak bebas dalam mengekspresikan logo sesuai dengan apa yang kami inginkan. 


9. Referensi



https://harmonipermata.com/animasi-3d/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Interview Simulation : 20 Most Commonly Asked Interview Questions

Hi Guys, welcome to my bloh, Maybe, not all have known about me. So before starting, let me to introduce my self. My name is Indah Permatani...