1. Tujuan
Menerapkan pengalaman praktikum sebelumnya pada masyarakat sekitar. Studi
kasus komunitas-komunitas di MMB.
2. Alat
Maxon Cinema 4D
Adobe After Effects
3. Bahan
Logo komunitas di MMB "SEMUT"
4. Dasar Teori
Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa
sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang
ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi
secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi
merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan
seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi. Perkembangan
teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang
dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi
3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud
manusia aslinya. Animasi 3 dimensi secara keseluruhan dikerjakan menggunakan
bantuan komputer. Melalui menu gerakan dalam program komputer, keseluruhan
objek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi. Permodelan 3D dikelompokan menjadi
dua jenis yaitu Hardsurface dan Organic. Objek Hardsurface adalah segala
sesuatu buatan manusia, misalnya meja, gedung, mesin, robot dan lain-lain.
sedangkan objek Organic adalah sesuatu yang secara alami tersedia didalam,
misalnya : manusia, hewan , pegunungan, awan bahkan juga cahaya. Software
animasi 3 dimensi terdiri dari, Blender, Maya 3D, Studio Max, Maxon Cinema 4 D,
LightWave, SoftImage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D,
Carrara, Infini-D, Canoma, dll. Meskipun fitur atau menu didalamnya tersebut
cukup kompleks dan rumit, animasi 3D membutuhkan proses yang relative sederhana
dibandingkan 2D, karena semua proses bisa langsung dikerjakan dalam satu
perangkat lunak komputer.
Tak lama lagi, teknologi pencitraan 3 Dimensi, yang memerlukan kamera 3D
untuk menangkap dimensi 3D dari benda-benda disekitar kita, akan menjadi
komponen inti dari laptop, tablet ataupun smartphone. Kita melihat bagaimana
teknologi ini mulai berdampak positif pada konsumen, terutama dengan adanya
Amazon Fire Phone, Google Tango, Microsoft Kinect dan Oculus Rift yang cukup
populer belakangan ini. Manfaatnya untuk dunia bisnis ternyata tidak seperti
yang terjadi di kalangan konsumen. Teknologi pencitraan 3D akan memiliki dampak
yang signifikan terhadap perusahaan-perusahaan di masa mendatang. Sekarang kita
sudah melihat banyaknya perusahaan yang tercatat sebagai Fortune 500 dan
beberapa perusahaan kecil menguji aplikasi berbasis 3D dan hasilnya memberikan
pengalaman menarik. Banyak hardware dan software teknologi 3D. Contohnya,
tampilan antarmuka nirsentuh, teknologi pengenalan wajah, pemindaian 3D, dll.
Semuanya dapat diterjemahkan langsung ke aplikasi yang dirancang khusus untuk
keperluan perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi pencitraan 3D, pertemuan virtual dan
presentasi akan memiliki pengalaman yang jauh lebih menarik dan mendalam,
imersif. Aplikasi yang menggunakan teknologi pembaca-kedalaman dapat
“mengambil” individu dari lingkungan mereka, kemudian memindahkan mereka ke
pertemuan virtual dengan rekan-rekan mereka, atau bahkan ditempatkan di ruang
virtual dengan obyek-dokumen data, presentasi atau apa saja yang bisa kita
manipulasi dan tampilkan. Hal ini pada dasarnya sama dengan yang kita lakukan
dengan efek digital layar hijau, hanya saja tanpa menggunakan layar hijau.
Pertemuan imersif ini akan memfasilitasi berbagai jenis bisnis untuk dapat
berinteraksi langsung dengan pelanggan atau kolega mereka, termasuk untuk
menyajikan data, gambar dan video yang biasanya hanya terjadi saat
bertatap-muka. Pengalaman semacam ini akan jadi kemampuan inti untuk semua
layanan kolaborasi online.
5. Tugas Praktikum
Membuat animasi logo untuk komunitas di MMB.
Kami mendapatkan logo komunitas SEMUT.
6. Petunjuk Praktikum
1. Gunakan pengalaman-pengalaman praktikum sebelumnya untuk mengerjakan
praktikum ini.
2. Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di
MMB.
3. Masing-masing kelompok menentukan ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama
dengan anggota. Ketua juga memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah,
membagi tugas, dan merekap progress.
4. Waktu pengerjaan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada minggu ke 6 dan ke 7.
5. Laporan praktikum dikumpulkan di setiap akhir sesi praktikum. Berarti
terdapat laporan prak 06 dan laporan prak 07.
6. Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di
masing-masing sesi praktikum.
7. Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi progress atau hasil kerja
dari masing-masing anggota tim.
7. Hasil Praktikum
* Progress minggu lalu
* screen record hasil render
* screen shot 3D model
* screen shot sketch
8. Kesimpulan
Pada praktikum ini, saya dan kelompok saya membuat 3D animation logo dari logo komunitas SEMUT. Kesulitan yang kami hadapi adalah, kami tidak bebas dalam mengekspresikan logo sesuai dengan apa yang kami inginkan.
9. Referensi
https://harmonipermata.com/animasi-3d/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar