1. Tujuan
Mencari judul Tugas Akhir yang selinear dengan judul rancangan Tugas Akhir yang dipilih
2. Alat
Computer /Laptop
3. Bahan
Laporan Tugas Akhir
Mencari judul Tugas Akhir yang selinear dengan judul rancangan Tugas Akhir yang dipilih
2. Alat
Computer /Laptop
3. Bahan
Laporan Tugas Akhir
4. Dasar
Teori
DESIGN
THINKING
Design Thinking mengkolaborasikan
proses-proses sistematis yang berpusat pada manusia sebagaipenggunanya melalui
proses terencana sehingga menghasilkan perubahan perilaku dan kondisi
yangsesuai harapan. Terdapat empat pilas dalam Design Thinking, yakni pilar
keseimbangan, kerangkaberpikir, penggunaan alat/toolkits dan
pola pendekatan (Glinski,2012).Design thinking adalah sebuah metode
berfikir yang mengadopsi cara seorang designer memikirkan danmengerjakan
proses kreatifnya dalam mengerjakan sesuatu. Perbedaan yang menonjol dari
prosesberfikirnya seorang designer dibanding proses berfikir pada umunya adalah
bahwa dalam proseskreatifnya, designer tidak memulai pemikirannya dengan
pendekatan permasalahanya apa (problem -centered approach) melainkan memulai
proses kreatifnya melalui empathy terhadap kebutuhanmanusia. Design thinking
tidak mengajarkan mencari akar permasalahan dan menemukan solusinya,namun
secara unik designer dengan empathinya akan mencari kebutuhan mendasar manusia
dan samasekali tidak perlu tahu permasalahannya . Oleh karena itu dalam design
thinking seorang pemikir designakan merumuskan kendala yang akan
dihadapi dalam proses kreatif dan inovatifnya secara
lebih hatihati. Pemilihan kata dalam merumuskan kendala awal proses
kreatif sangat penting agar tidak terjebak pada pemikiran negative. Kalimat “
bagaimana cara memindahkan orang dengan lebih nyaman” akanlebih bagus jadi
pilihan dari pada mengatakan “mobil initernyata terlalu keras sehingga
penumpang
tidak nyaman berkendara”.
Dengan begitu jelas bahwa design
thinking tidak terfokus pada permasalahan, tapi mengarahkansegenap kemampuan
pada upaya mencari solusi agar kehidupan manusia lebih baik, selain itu
designthinking juga tidak meributkan bagaimana mencari solusi atas sebuah
masalah, tapi mengutamakantindakan nyata yang cepat untuk mendapatkan solusi
bagaimana membuat sejahtera kehidupanmanusia. Dalam bekerja pemikir design
bukan saja melibatkan pemikiran tapi juga analisa dan bahkankhayalan untuk
mencapai tujuannya.Design thinking tidak terfokus pada permasalaham dan
kelemahan. Proses manajerial yang didasarkanpada design thinking ini akan
terlihat lebih fleksibel gerak langkahnya. Fleksibilitas berfikir design
inidisebabkan karakter karakter positif yang menyertai gaya manajerial baru ini
seperti pandangan yanglebih obyektif, ketelitian dalam detail, kemampuannya
menampung pertanyaan yang palingmenggelikan sekalipun, keluasannya dalam
menjembatani ide paling konyol sekalipun, keberanian ambilresiko dan kesempatan
yang luas akan munculnya ide-ide baru yang brilian. Semua hal ini bisa
munculpada pemikiran design karena gaya pemikiran ini tidak terfokus pada
masalah tapi terfokus pada upayamencari cara mensejahterakan manusia. Jadi
pemikiran pemikiran positiflah yang mendominasiprosesnya dan bukan ketakutan
seperti saat pikiran terpusat pada permasalahan
Dalam prosesnya, ada 5 langkah design
thinking yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Dengan empathize
berisi latar belakang pembuatan produk. Define berisi rumusan masalah, lalu
siapa yang membutuhkan, apa yang dibutuhkan, dan mengapa membutuhkan produk
tersebut. Ideate berisi ide dari suatu permasalahan. Prototype merupakan bentuk
nyata, mekanisme produksi dari produk yang dibuat. Test adalah uji produk
kepada responden dengan tujuan mendapat penilaian dari responden mengenai
produk yang dibuat. Semua ini menjelaskan bahwa design thinking pada dasarnya
mengedepankan human center approach yang mana proses berpikir berfokus pada manusianya
sendiri.
TUGAS AKHIR
Tugas
Akhir adalah karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa setiap program studi
berdasarkan hasil penelitian suatu masalah yang dilakukan secara seksama dengan
bimbingan dosen pembimbing. Tugas akhir merupakan salah satu persyaratan
kelulusan mahasiswa.
5. Petunjuk Praktikum
a. Kerjakan berkelompok
b. Dikerjakan di jam teori dan praktikum
c. Menyiapkan PPT untuk presentasi dikelas teori
d. Setiap sesi praktikum, ditutup dengan laporan praktikum
6. Tugas Praktikum
Mencari dan menganalisa Tugas Akhir yang selinear dengan usulan judul kelompok
7. Hasil Praktikum
Terdapat 3 Laporan Tugas Akhir yang dapat dikaitkan dengan usulan judul kelompok, yakni :
- APLIKASI PEMBELAJARAN ADAT JAWA TIMUR BERBASIS WEB INTERAKTIF MENGGUNAKAN HTML 5 (USER INTERAKTIF DESIGN) - 2012
- PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 2D TENTANG SAJARAH AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MOTION GRAPHIC - 2012
- MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PENGENALAN TATA SURYA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR (CHARACTER MODELLING, TEXTURING, ANIMATING) - 2012
- PEMBUATAN VIDEO PENGENALAN HURUF ALFABET UNTUK BALITA DENGAN TEKNIK ANIMASI STOPMOTION - 2012
- APLIKASI PEMBELAJARAN ADAT JAWA TIMUR BERBASIS WEB INTERAKTIF MENGGUNAKAN HTML 5 (USER INTERAKTIF DESIGN) - 2012
- PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 2D TENTANG SAJARAH AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MOTION GRAPHIC - 2012
- MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PENGENALAN TATA SURYA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR (CHARACTER MODELLING, TEXTURING, ANIMATING) - 2012
- PEMBUATAN VIDEO PENGENALAN HURUF ALFABET UNTUK BALITA DENGAN TEKNIK ANIMASI STOPMOTION - 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar